Blog

Stripping Clodi

Stripping clodi atau biasa disebut peremajaan clodi adalah langkah untuk mengembalikan daya serap clodi atau insert. Meskipun daya serap clodi atau insert tersebut tidak seperti sedia kala namun dengan stripping clodi performa clodi atau insert akan menjadi lebih baik. Tujuan dilakukan stripping pada clodi atau insert adalah untuk menghilangkan residu detergent pada saat pencucian, menghilangkan cream pada clodi jika bunda memakaikan cream pada sikecil.  Stripping dilakukan jika bunda sudah merasa clodi si kecil cepat bocor atau berbau pesing.

Jadi, kapan clodi harus di stripping?

  • Jika clodi atau insert berbau pesing meskipun sudah bunda cuci
  • Jika clodi atau insert sudah besifat reppelant atau menolak air. Bagaimana cara mengetahuinya? Bunda bisa meneteskan air pada lapisan dalam clodi atau pada bagian insertnya. Jika air lama diserapnya, berarti clodi atau insert tersebut sudah bersifat reppelant. Hal ini bisa disebabkan oleh sisa detergent yang menumpuk pada clodi atau insert.
  • Jika clodi atau insert mudah sekali bocor dan daya tampung berkurang (performa yang menurun)

Langkah apa yang harus bunda lakukan ?
Ada beberapa cara melakukan stripping clodi atau insert :

  1. Merendam insert dengan air hangat, jika clodi dalam keadaan bersih tidak usah ditambahkan detergent, namun jika insert dalam keadaan kotor, silahkan ditambahkan sedikit detergent. Perendaman dengan air hangat hanya direkomendasikan untuk insert, bukan untuk clodi yang mempunyai lapisan waterproof karena akan merusak lapisan tersebut. Setelah direndam kucek sebentar kemudian bilas dengan air. Jemur clodi dibawah sinar matahari, selain untuk menyamarkan noda juga untuk membunuh bakteri yang menempel.
  2. Menggunakan detergent khusus stripping clodi. Biasanya detergent ini dijual di toko-toko online yang menjual clodi import.
  3. Merendam clodi dengan menambahkan baking soda, garam dan cuka. Larutkan 1 sdt baking soda dan garam di ember kecil berisi air, rendam 10 menit, tambahkan cuka. Bilas dengan air, hasil perasan akan berbusa. Pertanda residu sudah terlepas. Ulangi terus hingga busa habis. Campuran baking soda dan garam berfungsi untuk menghilangkan bau dan noda, sedangkan cuka sebagai pembunuh bakteri dan pelembut kain.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tambahkan Kontak Whatsapp Kami : 085640302678 Invite Pin BBM kami : D9A4782D